Menginstall OpenSuse 10.1

Selasa, 15 Februari 2011

- Setelah masuk kedalam tampilan pertama pilih installation, pilih F3 untuk memilih pilihan installasi pilih “Text Mode”, lalu tekan enter untuk memulai penginstallan Linux OpenSuse 10.

clip_image002[6]

- Biarkan proses penginstallan berjalan, langkah selanjutnya adalah pemilihan bahasa penginstallan, Saya menggunakan bahasa inggris(US), lalu pilih next untuk melanjutkan pengisntallan, atau dengan menekan tombol alt+N untuk cara cepatnya.

clip_image004[4]

- “Media Check”, jika ingin mengetest CD atau jika yakin CD tidak bermasalah, langsung saja next atau dengan menekan tombol alt+N.

clip_image006[4]

- Berikutnya adalah “License Agreement” pilih yes menandakan untuk menyetujui penginstallan, dan tekan next atau dengan tombol alt+N. clip_image008

- Setelah License Agreement adalah proses“Installation Mode”, dimana disini dapat menginstall baru atau untuk mempebarui system linux yang pernah ada.

clip_image010

- Installasi akan dilanjutkan dengan pengaturan “Clock and Time Zone”, isi dengan data yang sesuai tempat dan Negara dan sesuaikan dengan sesuka hati saja, lalu pilih next.

clip_image012

- Tahap berikutnya adalah “Desktop Selection”, karena disini kita akan menginstall untuk server jadi kita gunakan yang text saja, pilih alt+O, dan pilih alt+S, dan pilih “text mode” pilih Ok.

clip_image014

- Berikutnya adalah pembagian partisi, di suse 10.1 pembagian partisi dapat otomatis atau manual jika tidak mau memilih tempat partisi dan sudah cocok langsung saja Accept atau tekan alt+A, dan pilih install saat “Confirm Installation” . Tunggu penginstallan, hingga selesai dan penginstallan restart.

clip_image016

- “Hostname and Domain Name”, pada tahap ini adalah pengisian dari hostname dan juga domain, hilangkan centang pada “Change Hostname Via DHCP”, dengan menekan alt+C, lalu next.

clip_image018

- Tahap selanjutnya pemberian password “root”, dimana root adalah super user atau user yang paling mempunyai banyak hak akses, setelah password dimasukkan pilih next.

clip_image020

- Berikutnya “Test Internet Connection”, jika ingin mengetest koneksi pilih yes, dan jika tidak ingin mengetest koneksi, dan lanjutkan dengan memilih next.

clip_image022

- Saat tahap “New Local User”, kita pilih next jika tidak ingin membuat user baru, atau jika ingin membuat user isi data dan juga passwordnya, lanjutkan penginstallan dengan memilih next.

clip_image024

- Selanjutnya adalah langkah “Release Notes”, dimana Release Notes adalah sedikit catatan tentang suse 10.1, lanjutkan saja pilih next.

clip_image026

- “Hardware Configuration”, adalah tahap untuk configurasi hardware jika tidak perlu pilih next saja, untuk melanjutkan penginstallan dan penginstallan pun selesai, pilih alt+f.

 clip_image028

Demikian Tutorial singkat penginstallan OpenSuse 10.1 ini, semoga bermanfaat dan tidak sulit dipahami. :)

0 komentar:

Posting Komentar